19 Januari 2009


SEJARAH STKIP CIKARANG
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Cikarang dibina oleh Yayasan Pendidikan Cikarang. Didirikan pada tahun .......... dengan status terdaftar tahun .........., status diakui tahun ........., terakreditasi tahun ........... dan perpanjangan izin operasional tahun ........... dengan akte pendirian tahun ...........

a. Visi
Visi STKIP Cikarang yaitu menjadi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang berbudaya akademik yang mengac kepada budaya lokal, nasional dan selalu mengikuti perkembangan IPTEK, kuat dan terpecaya dalam menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik dan professional dalam bidangnya serta terpandang di Indonesia.

b. Misi
Berdasarkan Visinya, STKIP Cikarang merumuskan misinya sebagai berikut :
1. Melahirkan lulusan yang bermutu secara akademik dan professional dalam bidangnya.
2. Menciptakan lulusan yang mempunyai keahlian dan mampu menjadi penggerak anggota masyarakat yang baik.
3. Menciptakan suasana akademik yang kondusif untuk pelakasanaan pendidikan berdasarkan lima pilar pendidikan :
a) Mempelajari pentingnya agama dalam kehidupan
b) Mempelajari, mencari Ilmu pengetahuan dan memanfaatkannya.
c) Mempelajari, mengoptimalkan sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan.
d) Mempelajari hidup berdampingan secara produktif.
e) Mempelajari mengembangkan potensi diri.
4. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang berkualitas dan demokratis melalui sumber daya secara mandiri/ kerjasama antara lembaga swasta dan pemerintah.
5. Membina kerjasama antara perguruan tinggi sesama swasta dan pemerintah baik daerah maupun nasional

c. Tujuan
Untuk memenuhi visi dan misi tersebut dalam rumusan induk pengembangan STKIP Cikarang tahun ......... - ......... tujuan STKIP Cikarangpada prinsipnya dibagi dalam 3 (tiga) bagian yaitu :
1. Tujuan Jangka Panjang, meliputi : menjadikan STKIP Cikarang sebagai LPTK yang terpandang di Indonesia dan menyiapkan lulusan yang berkualitas dan professional dalam bidangnya, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, serta berwawasan luas dalam menjawab tantangan bangsa.
2. Tujuan Jangka menengah, meliputu :
a. Meningkatkan manajemen perguruan tinggi melalui seminar dan training lanjutan.
b. Melakukan penambahan staf pengajar tetap yayasan dan PNSD.
c. Melengkapi sarana dan prasarana penunjang yang dibutuhkan program studi, kantor, ruang kuliah, laboratorium dan perpustakaan.
d. Menciptakan mutu lulusan yang berkualitas dengan kurikulum yang handal.
e. Menciptakan budaya akademik yang menjunjung tinggi intelektualitas serta memberikan kebebasan akademik, responsive, dinamis dan produktif guna menunjang ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni.
f. Peningkatan keterlibatan STKIP Cikarang dalam rangka pembangunan regional dan nasional.
g. Peningkatan kegiatan penelitian dan dan layanan pengabdian kepada masyarakat dan mampu bersaing dengan institusi lain.

3. Tujuan Jangka Pendek, meliputi:
a. Peningkatan kemampuan staf akademik dan administrasi melalui training dan seminar.
b. Peningkatan mutu proses belajar mengajar dan metoda yang inovaif.
c. Mengurangi masa mukim mahasiswa
d. Peningkatan kualitas seleksi penerimaan mahasiswa baru.
e. Menyusun perangkat evaluasi yang valid dan reliable.
f. Peningkatan kegiatan-kegiatan keilmuan dan kemsyarakatan dengan melibatkan mahasiswa.
g. Melaksanakan pembangunan fisik.

RENCANA DAN STRATEGI PENGEMBANGAN
STKIP
a. Rencana Pengembangan
Dalam upaya mewujudkan tujuan yang ingin dicapai, telah disusun Rencana pengembangan STKIP Cikarang 2008-2015. Program pengembangan ini disusun berdasarkan usulan dari semua unit, program studi dan jurusan sampai ketingkat lembaga, yang mengacu kepada HELTS dengan terlebih dahulu melakukan valuasi diri. Pengembangan utama STKIP Cikarang untuk lima tahun kedepan mencakup:
1. Pengembangan dan peningkatan Tridharma Perguruan Tinggi yang meliputi kurikulum, mutu masukan dan keluaran dan proses belajar mengajar.
2. Peningkatan mutu manajemen kelembagaan.
3. Melengkapi sarana dan prasarana penunjang yang dibutuhkan.
4. Peningkatan kerja sama antar seluruh komponen dalam lingkungan STKIP Cikarang

b. Strategi STKIP PGRI Cikarang
Strategi pengembangan dan penyelenggaraan pendidikan di STKIP Cikarang, secara internal adalah memberikan kesempatan yang luas bagi setiap unit kerja yang ada untuk berkembang seoptimal mungkin dengan tetap berpedoman kepada perencanaan masing-masing unit yang ada dan evaluasi diri yang diakukan. Disamping itu pengemangan masing-masing unit untuk menjamin mutu dan akuntabilitas dilakukan melalui analisa SWOT yang cermat guna menuju masa datang yang lebih baik. Secara eksternal dilakukan melalui peningkatan kerjasama dengan instansi pemeritah dan instansi lainnya untuk menciptakan pelaksanaan Tridharma serta penempatan lulusan.

Tidak ada komentar: